Rabu, 05 Desember 2012

Tugas XII IPA 2

silahkan masukan laporan tugas nya !

32 komentar:

  1. Degaussing dibutuhkan jika ada masalah dengan kemurnian (puritas) warna dalam tampilan. Dalam situasi yang jarang, mungkin juga disebabkan karena gangguan geometris yang disebabkan oleh medan magnet bumi.
    CRT dapat termagnetisir:

    • Jika TV dipindahkan,

    • Jika ada sambaran petir yang cukup dekat,

    • Jika magnet permanen dibawa ke dekat pesawat TV (mis, mainan anak anak yg ada magnetnya, magnet dari speaker),

    • Jika beberapa bagian dari peralatan eketronik atau listrik tanpa peredam medan magnet ada di sekitar pesawat TV.


    Degaussing adalah hal pertama yang mesti dilakukan kapanpun masalah puritas warna terdeteksi.Sebagaimana dicatat di bawah, pertama cbalah rangkaian degauss internal dengan siklus power beberapa kali (on satu menit, lalu off setidaknya 20 menit, begitu berulang-ulang). Jika ini tidak membantu atau tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah, cobalah degaussing secara manual.


    Kumparan degauss


    Catatan: Beberapa monitor memiliki tombol degauss, dan beberapa moitor atau TV memiliki degaus otomatis pada saat power-on (mungkin perlu mencabut colokan listrik untuk hard reset) tanpa menghiraukan jumlah waktu off. Bagaimanapun, penggunaan berulang ulang proses ini demi sukses yang cepat mungkin akan berakibat panas berlebih pada kumparan degauss atau komponen lainnya. Prosedur 20 menit off/1 menit on dijamin pasti aman. (Beberapa mungkin akan men-degauss pada saat power on sepanjang degauss sebelumnya tidak berhasil dengan prakiraan waktu tertentu).


    CRT degausser komersil ada juga sudah tersedia di pasaran. Berisi ratusan gulung kawat magnet dalam kumparan 6 - 12 inci. Tinggal colok ke tembok, aktifkan saklarnya lalu dekatkan beberapa inci ke depan layar. Lalu tarik perlahan pusat kumparan kearah salah satu ujung layar lalu susuri pinggiran layar. kemudian kembali keposisi awal kumparan sejajar dengan pusat layar. Beruktnya, perlahan jauhkan medan magnet ke nol dengan berjalan menjauhi layar. Ketika anda sudah berada lebih jauh dari 2 meter lepaskan saklarnya.


    Degausser komersil

    Kata kuncinya di sini adalah "perlahan", Melakukanya terlau cepat maka anda akan menghentikan seketika intesitas dari 50/60 Hz variasi medan magnet AC ke dalam komponen fero pada CRT dan mungkin akan memperburuk masalah.


    PERHATIAN: Jangan pernah coba coba untuk degaussing dari bagian belakang CRT dekat neck, karena tindakan ini dapat menghilangkan magnet pada magnet puritas dan konvergen yang relatif lemah yang dapat mengakibatkan perbaikan kecil menjadi amburadul dan berkepanjangan!


    Kayaknya keren melakukan ini pada saat CRT dalam keadaan on. Anak anak pasti suka melihat efek warna yang ditimbulkannya (tetapi kunci rapat rapat kumparan degauss anda sehingga mereka yidak bisa mencobanya pada setiap TV atau monitor di rumah.

    Kalau anda tidak punya degausser, saya pernah mencoba degaussing dengan magnet permanen kecil tapi ini tidak direkomendasikan karena akan lebih banyak memperburuk keadaan ketimbang memperbaikinya. Coba cek situs Mirrors.arcadecontrols.com. Mungkin anda bisa mencoba membuat degausser sendiri. Lakukanlah degaussing diruang yang bebas medan magnet.


    Semua CRT warna sudah dilengkapi dengan kumparan degauss yang dibungkus disekeliling pinggiran CRT. Ini diaktifkan setiap kali CRT dihidupkan dan didinginkan oleh termistor 3 terminal atau rangkaian kontrol lainnya. Inilah mengapa sering disarankan bahwa masalah puritas warna akan mungkin sembuh sendiri dalam beberapa hari. Bukan masalah waktu sebenarnya tetapi masalah jumlah tegangan dingin yang menyebabkannya. Perlu waktu kira kira 15 menit dari power off dari setiap siklus pendinginan.
    Label: Dasar Dasar CRT, Elektronika, Reparasi Televisi
    nama :selly septiyani, Lia Aprilia , dewi asiah

    BalasHapus
  2. iko ruhiyat,sri kartika sari,nurhalimah,ani kusmiati


    Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    BalasHapus
  3. 1 Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    nama kelompok : iko ruhiyat,sri kartikasari,ani kusmiati,nurhalimah

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    BalasHapus
  4. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    nama kelompok : iko ruhiyat,sri kartika sari,nurhalimah, ani

    BalasHapus
  5. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    nama kelompok : iko ruhiyat.ani .sri kartika sari.nurhalimah

    BalasHapus
  6. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    nama kelompok ; IKO RUHIYAT . ANI . NURHALIMAH. SRI KARTIKA SARI

    BalasHapus
  7. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    nama kelompok. iko ,sri kartika ,nurhalimah,ani

    BalasHapus
  8. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    NAMA KELOMPOK . IKO RUHIYAT, ANI, SRI KARTIKA, NURHALIMAH

    BalasHapus
  9. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    NAMA KELOMPOK . IKO RUHIYAT, ANI, SRI KARTIKA, NURHALIMAH

    BalasHapus
  10. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    NAMA KELOMPOK . IKO RUHIYAT, ANI, SRI KARTIKA, NURHALIMAH

    BalasHapus
  11. Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


    NAMA KELOMPOK . IKO RUHIYAT, ANI, SRI KARTIKA, NURHALIMAH

    BalasHapus
  12. NAMA KELOMPOK ; iko ruhiyat, ani, sri kartika sari, nurhalimah

    Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.



    BalasHapus
  13. NAMA KELOMPOK ; iko ruhiyat, ani, sri kartika sari, nurhalimah

    Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.

    BalasHapus
  14. NAMA KELOMPOK ; iko ruhiyat, ani, sri kartika sari, nurhalimah

    Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.

    BalasHapus
  15. kelompok ; IKO RUHIYAT,SRI KARTIKA SARI, ANI, NURHALIMAH

    Dalam dunia penerbangan terkadang cuaca buruk sehingga sering ada petir ,namun penumpang yang berada di dalam pesawat tidak terkena petir atau aman ,
    Teknologi Pesawat Terbang Untuk Menangkal SambaranPetir

    Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir.Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi - pesawat modern jaman sekarang.
    Penjelasannya adalah begini:
    Petir terjadi karena adanya perbedaan muatanlistrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekandenganudara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.
    Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, makamuatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang keudara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan kebadan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

    Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun ke jadian ini sangat jarang terjadi).

    Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupakawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlah nya sampai 12 atau 16 buah.

    Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan istrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.


    Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikanapi. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk kedalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

    Pada bangunan kasusnya berbeda.Bangunan tidak tertutup konduktor.Oleh karenaitu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.

    BalasHapus
  16. Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm.[1] Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. [2][3] Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Kedua definisi tersebut merupakan sifat yang ditunjukkan cahaya secara bersamaan sehingga disebut "dualisme gelombang-partikel". Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika, merupakan area riset yang penting pada fisika modern.

    Studi mengenai cahaya dimulai dengan munculnya era optika klasik yang mempelajari besaran optik seperti: intensitas, frekuensi atau panjang gelombang, polarisasi dan fase cahaya. Sifat-sifat cahaya dan interaksinya terhadap sekitar dilakukan dengan pendekatan paraksial geometris seperti refleksi dan refraksi, dan pendekatan sifat optik fisisnya yaitu: interferensi, difraksi, dispersi, polarisasi. Masing-masing studi optika klasik ini disebut dengan optika geometris (en:geometrical optics) dan optika fisis (en:physical optics).

    Pada puncak optika klasik, cahaya didefinisikan sebagai gelombang elektromagnetik dan memicu serangkaian penemuan dan pemikiran, sejak tahun 1838 oleh Michael Faraday dengan penemuan sinar katode, tahun 1859 dengan teori radiasi massa hitam oleh Gustav Kirchhoff, tahun 1877 Ludwig Boltzmann mengatakan bahwa status energi sistem fisik dapat menjadi diskrit, teori kuantum sebagai model dari teori radiasi massa hitam oleh Max Planck pada tahun 1899 dengan hipotesa bahwa energi yang teradiasi dan terserap dapat terbagi menjadi jumlahan diskrit yang disebut elemen energi, E.

    Pada tahun 1905, Albert Einstein membuat percobaan efek fotoelektrik, cahaya yang menyinari atom mengeksitasi elektron untuk melejit keluar dari orbitnya. Pada pada tahun 1924 percobaan oleh Louis de Broglie menunjukkan elektron mempunyai sifat dualitas partikel-gelombang, hingga tercetus teori dualitas partikel-gelombang.

    Albert Einstein kemudian pada tahun 1926 membuat postulat berdasarkan efek fotolistrik, bahwa cahaya tersusun dari kuanta yang disebut foton yang mempunyai sifat dualitas yang sama. Karya Albert Einstein dan Max Planck mendapatkan penghargaan Nobel masing-masing pada tahun 1921 dan 1918 dan menjadi dasar teori kuantum mekanik yang dikembangkan oleh banyak ilmuwan, termasuk Werner Heisenberg, Niels Bohr, Erwin Schrödinger, Max Born, John von Neumann, Paul Dirac, Wolfgang Pauli, David Hilbert, Roy J. Glauber dan lain-lain.

    Era ini kemudian disebut era optika modern dan cahaya didefinisikan sebagai dualisme gelombang transversal elektromagnetik dan aliran partikel yang disebut foton. Pengembangan lebih lanjut terjadi pada tahun 1953 dengan ditemukannya sinar maser, dan sinar laser pada tahun 1960. Era optika modern tidak serta merta mengakhiri era optika klasik, tetapi memperkenalkan sifat-sifat cahaya yang lain yaitu difusi dan hamburan.

    kesimpulan : jika tidak ada cahaya bumi akan gelap gulita
    penerapannya dalam kehidupan sehari-hari :
    1.Di bidang kedokteran salah satu manfaat gelombang cahayadigunakan untuk rontgen.
    2.Digunakan sebagai satuan jarak antar benda-benda langit.
    3.Digunakan sinar ultraviolet untuk menjaga kesehatankulit(asalkan tidak terlalu panas).
    4.Digunakan oleh tumbuhan dari energi cahaya menjadienergi kimia dalam proses sintesis makanan.
    5.Digunakan untuk berfotosintesis tumbuhan (Sinar Matahari).
    6.Digunakan juga untuk menjemur pakaian,Sepatu dan alatrumah tangga lainnya (menggunakan cahaya matahari).
    7.Digunakan untuk alat-alat kecantikan seperti sinar UV untukmenghilangkan flek-flek hitam di wajah, selulit, dll.
    8.Digunakan untuk lampu dan alat penerangan lainnya.
    9.Digunakan untuk kamera foto

    kelompok :
    nama : anisa ramadita, imas massuroh, siti rohimah, nopi

    BalasHapus
  17. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3
    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  18. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3

    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  19. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3

    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  20. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3

    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  21. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3

    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  22. Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir??
    jawab :
    kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
    jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.
    Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.
    Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.

    kelompok : 3

    DISUSUN OLEH :
    • Reza Septian
    • Sri Nurhaeni
    • Ahmad Haris Prakasiwi
    • Galih Ramdhan Maulana
    Kelas : XII IPA 2

    BalasHapus
  23. Halaman Utama Shvoong>Sains>Fisika>Pengertian Cahaya (Fisika)
    Pengertian Cahaya (Fisika)
    oleh: nawazir

    Summary rating: 2 stars (17 Tinjauan)
    Kunjungan : 2615
    kata:300


    Cahaya adalah suatu energi yang berbentuk gelombang dan membantu kita untuk melihat. Cahaya juga merupakan dasar ukuran meter dimana 1 meter sama dengan jarak dilalui cahaya melalui vakum pada 1/299, 792,458 detik. Kecepatan cahaya didefinisikan pada kecepatan 299,792,458 meter.

    Cahaya dibutuhkan dalam keseharian. Matahari adalah sumber cahaya yang utama. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya untuk membuat makanan / berfotosintesis. Tumbuhan hijau ini akan menjadi makanan bagi hewan lain yang akan menjadi makanan bagi hewan lain. Ini membentuk rantai makanan.

    Sifat-sifat cahaya adalah, cahaya bergerak lurus ke semua arah. Buktinya adalah kita dapat melihat sebuah lampu pijar yang menyala dari segala penjuru dalam sebuah kamar gelap. Bila cahaya terhalang, bayang akan dihasilkan karena cahaya yang bergerak lurus tidak dapat melenceng. Namun, cahaya dapat dipantulkan. Kondisi ini disebut sebagai pantulan cahaya.

    Cahaya bisa dibelokkan apabila bergerak secara miring melalui medium yang berbeda seperti melalui udara melalui kaca melalui air. Kondisi ini disebut sebagai pembiasan cahaya. Cahaya bergerak lebih cepat melalui udara dari melalui air. Cahaya ini bergerak lebih cepat melalui udara dari melalui kaca. Oleh itu cahaya yang bergerak secara serong dipesongkan ketika melalui dua medium yang berbeda. Cahaya yang bergerak lurus melalui medium yang berbeda tidak dibiaskan.

    Dalam fisika, istilah cahay digunakan dalam arti luas dan mencakup semua bidang radiasi disebut spektrum elektromagnetik, sementara secara khususnya yaitu mengacu kepada radiasi cahaya yang tampak dalam spektrum terlihat.

    Optik adalah cabang fisika yang mempelajari perilaku cahaya, karakteristik dan manifestasinya.

    Studi tentang cahaya mengungkapkan sejumlah ciri dan efek dengan berinteraksi dengan materi, yang mengembangkan beberapa teori tentang sifatnya.

    Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2285179-pengertian-cahaya-fisika/#ixzz2EooDw0Mx

    BalasHapus
  24. nama : asti , inur , m. yusuf , siti aisah
    Halaman Utama Shvoong>Sains>Fisika>Pengertian Cahaya (Fisika)
    Pengertian Cahaya (Fisika)
    oleh: nawazir

    Summary rating: 2 stars (17 Tinjauan)
    Kunjungan : 2615
    kata:300


    Cahaya adalah suatu energi yang berbentuk gelombang dan membantu kita untuk melihat. Cahaya juga merupakan dasar ukuran meter dimana 1 meter sama dengan jarak dilalui cahaya melalui vakum pada 1/299, 792,458 detik. Kecepatan cahaya didefinisikan pada kecepatan 299,792,458 meter.

    Cahaya dibutuhkan dalam keseharian. Matahari adalah sumber cahaya yang utama. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya untuk membuat makanan / berfotosintesis. Tumbuhan hijau ini akan menjadi makanan bagi hewan lain yang akan menjadi makanan bagi hewan lain. Ini membentuk rantai makanan.

    Sifat-sifat cahaya adalah, cahaya bergerak lurus ke semua arah. Buktinya adalah kita dapat melihat sebuah lampu pijar yang menyala dari segala penjuru dalam sebuah kamar gelap. Bila cahaya terhalang, bayang akan dihasilkan karena cahaya yang bergerak lurus tidak dapat melenceng. Namun, cahaya dapat dipantulkan. Kondisi ini disebut sebagai pantulan cahaya.

    Cahaya bisa dibelokkan apabila bergerak secara miring melalui medium yang berbeda seperti melalui udara melalui kaca melalui air. Kondisi ini disebut sebagai pembiasan cahaya. Cahaya bergerak lebih cepat melalui udara dari melalui air. Cahaya ini bergerak lebih cepat melalui udara dari melalui kaca. Oleh itu cahaya yang bergerak secara serong dipesongkan ketika melalui dua medium yang berbeda. Cahaya yang bergerak lurus melalui medium yang berbeda tidak dibiaskan.

    Dalam fisika, istilah cahay digunakan dalam arti luas dan mencakup semua bidang radiasi disebut spektrum elektromagnetik, sementara secara khususnya yaitu mengacu kepada radiasi cahaya yang tampak dalam spektrum terlihat.

    Optik adalah cabang fisika yang mempelajari perilaku cahaya, karakteristik dan manifestasinya.

    Studi tentang cahaya mengungkapkan sejumlah ciri dan efek dengan berinteraksi dengan materi, yang mengembangkan beberapa teori tentang sifatnya.

    Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2285179-pengertian-cahaya-fisika/#ixzz2EooDw0Mx

    BalasHapus
  25. Tugas fisika Tentang Gelombang
    Nama : Dini puspita permana ,Aas azizah , Wulan yulyandinie ,Rizki abdilah
    Kelompok : 1 (satu)
    Pertanyaan!
    1.pada pertandingan sepak bola dunia penonton sering melakukan “ gerak gelombang “Yaitu penonton pada salah satu bagian mengangkat dan menurunkan tangan nya untuk member kode pada penonton berikutnya untuk melakukan hal yang sama ,demikian seterusnya. Apakah kejadian ini termasuk gelombang ? mengapa ?
    Jawaban :
    Ya ,termasuk gelombang .
    Karena pada saat seseorang mengangkat dan menurunkan tangannya ada gejala yang di rambatkan oleh getaran dan mentransfer energinya ke yang lain atau orang-orang disekitarnyayang disebut gelombang sehingga orang disekitarnya mengikuti hal yang sama , dan sesuai dengan pengertian gerak gelombangya itu pergerakan naik dan turunya benda dengan arah tegak lurus,berdasarkan arah rambatnya itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu:
    1. Gelombangtranversal
    2. Gelombanglogituginal,
    Tetapi gerak yang dilakukan olehpenonton bola tersebut termasuk jenis gelombang transversal dalam gelombang transversal perpindahan partikel tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Partikel-partikel tidak bergerak bersama dengan gelombang dan benda tersebut bergerak keatas dan kebawah.
    Gambargerakgelombang transversal

    BalasHapus
  26. Tugas fisika Tentang Gelombang
    Nama : Dini puspita permana ,Aas azizah , Wulan yulyandinie ,Rizki abdilah
    Kelompok : 1 (satu)
    Pertanyaan!
    1.pada pertandingan sepak bola dunia penonton sering melakukan “ gerak gelombang “Yaitu penonton pada salah satu bagian mengangkat dan menurunkan tangan nya untuk member kode pada penonton berikutnya untuk melakukan hal yang sama ,demikian seterusnya. Apakah kejadian ini termasuk gelombang ? mengapa ?
    Jawaban :
    Ya ,termasuk gelombang .
    Karena pada saat seseorang mengangkat dan menurunkan tangannya ada gejala yang di rambatkan oleh getaran dan mentransfer energinya ke yang lain atau orang-orang disekitarnyayang disebut gelombang sehingga orang disekitarnya mengikuti hal yang sama , dan sesuai dengan pengertian gerak gelombangya itu pergerakan naik dan turunya benda dengan arah tegak lurus,berdasarkan arah rambatnya itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu:
    1. Gelombangtranversal
    2. Gelombanglogituginal,
    Tetapi gerak yang dilakukan olehpenonton bola tersebut termasuk jenis gelombang transversal dalam gelombang transversal perpindahan partikel tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Partikel-partikel tidak bergerak bersama dengan gelombang dan benda tersebut bergerak keatas dan kebawah.
    Gambargerakgelombang transversal

    BalasHapus
  27. Tugas fisika Tentang Gelombang
    Nama : Dini puspita permana ,Aas azizah , Wulan yulyandinie ,Rizki abdilah
    Kelompok : 1 (satu)
    Pertanyaan!
    1.pada pertandingan sepak bola dunia penonton sering melakukan “ gerak gelombang “Yaitu penonton pada salah satu bagian mengangkat dan menurunkan tangan nya untuk member kode pada penonton berikutnya untuk melakukan hal yang sama ,demikian seterusnya. Apakah kejadian ini termasuk gelombang ? mengapa ?
    Jawaban :
    Ya ,termasuk gelombang .
    Karena pada saat seseorang mengangkat dan menurunkan tangannya ada gejala yang di rambatkan oleh getaran dan mentransfer energinya ke yang lain atau orang-orang disekitarnyayang disebut gelombang sehingga orang disekitarnya mengikuti hal yang sama , dan sesuai dengan pengertian gerak gelombangya itu pergerakan naik dan turunya benda dengan arah tegak lurus,berdasarkan arah rambatnya itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu:
    1. Gelombangtranversal
    2. Gelombanglogituginal,
    Tetapi gerak yang dilakukan olehpenonton bola tersebut termasuk jenis gelombang transversal dalam gelombang transversal perpindahan partikel tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Partikel-partikel tidak bergerak bersama dengan gelombang dan benda tersebut bergerak keatas dan kebawah.
    Gambargerakgelombang transversal

    BalasHapus
  28. KELOMPOK 7 :
    * ismail ludin
    * shifa maulidya
    * listian dara asih
    * dede iskandar

    Degaussing adalah proses mengurangi atau menghilangkan medan magnet yang tidak diinginkan. Hal ini dinamai Carl Friedrich Gauss, seorang peneliti awal di bidang magnet. Karena histeresis magnetik umumnya tidak mungkin untuk mengurangi medan magnet benar-benar nol, sehingga degaussing biasanya menginduksi sangat kecil "dikenal" lapangan disebut sebagai bias. Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Periferal dapat meliputi keyboard, mouse, monitor, dan printer. Pada umumnya periferal mengalami masalah yang disebabkan karena debu, percikan air, dan kotoran.Disini saya akan membahas tentang perawatan pada monitor.
    Monitor adalah salah satu bagian dari computer yang sangat penting, karena monitor adalah “displayer” dari apa yang kita kerjakan pada cpu. Dewasa ini orang sering mengeluhkan monitor yang cepat rusak karena berbagai hal, memang karena hardware yang jelek atau kurangnya perawatan. CRT, atau tabung sinar katoda, monitor komputer tujuan elektron ke layar dengan menggunakan medan magnet di dalam monitor. Tipe lain dari medan magnet, seperti magnet atau hanya medan magnet alami bumi, dapat menyebabkan warna layar untuk kabur. Untuk memperbaiki distorsi ini, degauss monitor.
    1. Matikan monitor, tunggu beberapa detik dan menghidupkan kembali. Kebanyakan monitor baru ini diproduksi secara otomatis akan degauss diri ketika menghidupkan kembali.
    2. Dengarkan logat yang berbeda ketika datang pada monitor. Jika Anda mendengarnya, Anda tahu monitor memiliki degaussed sendiri. Jika Anda tidak mendengarnya, maka Anda akan harus degauss monitor secara manual. Anda harus dapat melihat perbedaan di layar segera.

    3. Cari tombol pada monitor yang mengatakan "Degauss." Produsen yang berbeda memiliki tombol dan menu mereka sendiri, sehingga tampak dalam manual Anda untuk menemukan cara untuk mendapatkan akses.

    4. Cari melalui sistem menu ketika seseorang muncul di layar. Anda biasanya akan melihat pilihan seperti ukuran dan posisi layar, pilihan warna dan maka pilihan degauss. Ini sering memiliki ikon ohm untuk membedakannya.

    5. Dengarkan lagi untuk suara sengau ketika Anda memilih pilihan degauss dari menu. Layar mungkin menjadi film atau menunjukkan ledakan warna

    BalasHapus
  29. Nama : fina ,agita,rini,widia

    Pertanyaan!
    1.pada pertandingan sepak bola dunia penonton sering melakukan “ gerak gelombang “Yaitu penonton pada salah satu bagian mengangkat dan menurunkan tangan nya untuk member kode pada penonton berikutnya untuk melakukan hal yang sama ,demikian seterusnya. Apakah kejadian ini termasuk gelombang ? mengapa ?
    Jawaban :

    Ya ,termasuk gelombang .

    1. Gelombangtranversal
    Karena pada saat seseorang mengangkat dan menurunkan tangannya ada gejala yang di rambatkan oleh getaran dan mentransfer energinya ke yang lain atau orang-orang disekitarnyayang disebut gelombang sehingga orang disekitarnya mengikuti hal yang sama , dan sesuai dengan pengertian gerak gelombangya itu pergerakan naik dan turunya benda dengan arah tegak lurus,
    2. Gelombanglogituginal,
    Tetapi gerak yang dilakukan olehpenonton bola tersebut termasuk jenis gelombang transversal dalam gelombang transversal perpindahan partikel tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Partikel-partikel tidak bergerak bersama dengan gelombang dan benda tersebut bergerak keatas dan kebawah.

    BalasHapus