A.
IDENTIFIKASI
PERMASALAHAN
1.
Siswa
jarang bertanya ketika pembelajaran berlangsung
2.
Siswa
sering mengerjakan PR di sekolah dengan melihat hasil pekerjaan temannya
3.
Nilai
ulangan harian siswa berada di bawah KKM. Sekitar 75% dari jumlah siswa nilainya
tidak memuaskan
4.
Siswa
kurang aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru, atau kurang aktif
ketika diberikan soal-soal
5.
Ketika
guru melakukan inovasi dengan menggunakan metode cooperative learning dalam
pembelajaran, siswa kurang bisa bekerja sama dalam kelompok tersebut. Biasanya
siswa bergantung pada kemampuan siswa yang lebih pintar
6.
Siswa
mengeluhkan bahyaknya rumus yang harus dipahami ketika akan ulangan harian atau
UAS/UTS
Dari fakta-fakta di atas, dapat diidentifikasi permasalahannya
berupa rendahnya keaktifan siswa dalam belajar.
B.
HIPOTESIS
TINDAKAN
Berdasarkan
identifikasi permasalahan-permasalahan di atas, pada dasarnya bersumber dari
aktivitas belajar siswa yang rendah sehingga nilai siswa berada di bawah KKM.
Dari hal ini, hipotesis solusi tindakan yang alkan dilakukan berupa :
1.
Memodifikasi
teknik bertanya yang dilemparkan kepada siswa, mungkin dengan teknik bertanya
yang benar, siswa akan aktif ketika pembelajaran berlangsung
2.
Menerapkan
pendekatan keterampilan proses, sehingga siswa dapat berfikir kritis dan
menemukan sendiri pemahaman konsepnya, bukan hanya sekedar menjejalkan
rumus-rumus kepada siswa
C.
INDIKATOR
KEBERHASILAN
Dengan adanya
hipotesis tindakan itu, diharapkan adanya indicator keberhasilan berupa :
a.
Siswa
lebih aktif dalam pembelajaran
b.
Siswa
lebih banyak bertanya
c.
Nilai/prestasi
belajar siswa 75% berada di atas KKM
D.
PERENCANAAN
TINDAKAN
1.
Membuat
RPP yang mendukung dalam proses pembelajaran bekerja sama dengan guru Fisika
yang lain
2.
Mendiskusikan
langkah-langkah dalam proses pembelajaran
3.
Melakukan
penelitian tindakan kelas siklus 1 di kelas XI IPA 1
4.
Mereview
hasil siklus 1 dan mendiskusikan hasilnya
5.
Jika
terdapat kekurangan, dilakukan langkah 1 dan 2
6.
Melakukan
siklus 2 di kelas XI IPA 2
7.
Mereview
hasil siklus 2 dan mendiskusikan hasilnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar