Sabtu, 21 April 2012

Contoh Rancangan Penelitian Tindakan Kelas Pelajaran Fisika SMA


A.    IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
1.      Siswa jarang bertanya ketika pembelajaran berlangsung
2.      Siswa sering mengerjakan PR di sekolah dengan melihat hasil pekerjaan temannya
3.      Nilai ulangan harian siswa berada di bawah KKM. Sekitar 75% dari jumlah siswa nilainya tidak memuaskan
4.      Siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru, atau kurang aktif ketika diberikan soal-soal
5.      Ketika guru melakukan inovasi dengan menggunakan metode cooperative learning dalam pembelajaran, siswa kurang bisa bekerja sama dalam kelompok tersebut. Biasanya siswa bergantung pada kemampuan siswa yang lebih pintar
6.      Siswa mengeluhkan bahyaknya rumus yang harus dipahami ketika akan ulangan harian atau UAS/UTS

Dari fakta-fakta di atas, dapat diidentifikasi permasalahannya berupa rendahnya keaktifan siswa dalam belajar.

B.     HIPOTESIS TINDAKAN
Berdasarkan identifikasi permasalahan-permasalahan di atas, pada dasarnya bersumber dari aktivitas belajar siswa yang rendah sehingga nilai siswa berada di bawah KKM. Dari hal ini, hipotesis solusi tindakan yang alkan dilakukan berupa :
1.      Memodifikasi teknik bertanya yang dilemparkan kepada siswa, mungkin dengan teknik bertanya yang benar, siswa akan aktif ketika pembelajaran berlangsung
2.      Menerapkan pendekatan keterampilan proses, sehingga siswa dapat berfikir kritis dan menemukan sendiri pemahaman konsepnya, bukan hanya sekedar menjejalkan rumus-rumus kepada siswa

C.     INDIKATOR KEBERHASILAN
Dengan adanya hipotesis tindakan itu, diharapkan adanya indicator keberhasilan berupa :
a.       Siswa lebih aktif dalam pembelajaran
b.      Siswa lebih banyak bertanya
c.       Nilai/prestasi belajar siswa 75% berada di atas KKM

D.    PERENCANAAN TINDAKAN
1.      Membuat RPP yang mendukung dalam proses pembelajaran bekerja sama dengan guru Fisika yang lain
2.      Mendiskusikan langkah-langkah dalam proses pembelajaran
3.      Melakukan penelitian tindakan kelas siklus 1 di kelas XI IPA 1
4.      Mereview hasil siklus 1 dan mendiskusikan hasilnya
5.      Jika terdapat kekurangan, dilakukan langkah 1 dan 2
6.      Melakukan siklus 2 di kelas XI IPA 2
7.      Mereview hasil siklus 2 dan mendiskusikan hasilnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar