Selasa, 27 September 2011

Hikmah Hari Ini

Lidah memang tak bertulang, peribahasa yang cocok untuk hari ini. Allah menciptakan lidah dengan tekstur yang begitu lembutnya pada bagian mulut kita dengan fungsi yang indah, untuk mengucapkan hal-hal yang lembut juga. Apa jadinya jika kita menyalahgunakan fungsi itu?????  Tidak banyak yang tahu akan ucapan kita, menyakitkan atau tidak terhadap sesama, itulah kejadian yang terjadi hari ini. Namun, semuanya dapat dimaklumi apabila lidah yang tak bertulang berucap tanpa sadar menyakitkan sesama, lalu,  menyegerakan mengucapkan kata maaf karena ketidak sadaran itu. Sadar atau pun tidak, ketika kata terlanjur terucap tidak akan bisa ditarik kembali. Dalamnya hati manusia siapa yang tahu, apakah terluka atau tidak, mungkin tak disadari. Seandainya kita sendiri yang tersayat ucapan seseorang, apa yang kita rasakan ??? Jawabannya jelas aku akan terluka dan menyimpan dengan rapi tiap kata yang terlontar itu. Tapi....
oooops aku segera sadar bahwa setiap manusia memiliki karakter dan sikap yang berbeda, sehingga dunia ini berwarna. Hitam putih, susah senang, pasti bergantian mewarnai hidup ini. Apa jadinya bila dunia ini tanpa warna ?...Tapi...perenungan ku kembali membawa aku ke dalam pertanyaan yang hari ini muncul di benakku, apa jadinya jika dunia dipenuhi dengan karakter yang berwarna tapi warna itu tak mewarnai dunia dengan indah, artinya hanya warna sendu yang dominan sehingga warna yang indah terabaikan.
Peristiwa hari ini membuat aku tertawa dalam hati, lucu sekali ketika seseorang yang aku hormati, tanpa menyadari menorehkan warna kelam dalam hidupku, dengan santainya dia berkilah "ini karakter saya, suka tidak suka harus dipahami. Senang ataupun tidak terima saja, ya inilah saya". Sadarkah dia bahwa setiap manusia pasti ingin dipahami? dia, aku, kalian semua pasti menginginkan orang lain memahami kita apa adanya. Tapi...setiap keinginan itu pasti ada batasannya, sejauh mana kita memahami orang lain, seperti itu lah orang lain akan memahami kita. Jadi intinya...introspeksi diri lah hikmah hari ini yang aku dapatkan agar lidahku yang tak bertulang ini bisa mewarnai duniaku, dunia sahabatku, dunia orang-orang yang aku sayangi dan aku hormati juga dunia di sekitarku menjadi lebih indah. .       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar